Papijar adalah salah satu dari Program Kerja OSIS SMA Negeri 1 Purbalingga. PAPIJAR juga adalah ajang pemilihan Putra dan Putri Pembelajar di SMA Negeri 1 Purbalingga yang bertalenta, berwawasan luas, dan good looking. Pemilihan PAPIJAR biasanya dilaksanakan setelah kegiatan UAS semester gasal. Peserta PAPIJAR merupakan perwakilan dari masing-masing kelas X dan XI. PAPIJAR biasanya mempunyai 2 lomba yaitu, PAPILU (Putra - Putri Luwes) dan PAPIBA (Putra - Putri Batik).
Persyaratan Peserta PAPILU antara lain, untuk Perempuan tingginya minimal 160 cm dan untuk laki-laki minimal 170 cm. Jika peserta mempunyai piagam prestasi bisa disertakan untuk nilai tambah. Peserta juga tidak boleh jika sedang berurusan dengan hukum. PAPIJAR dilaksanakan selama 3 hari.
Hari pertama, para peserta PAPIJAR harus mengerjakan tes tertulis.
Hari kedua, peserta PAPIJAR akan mengikuti tes kesehatan di UKS dan tes wawancara serta seleksi bakat.
Hari ketiga adalah hari puncak dari kegiatan PAPIJAR. Seluruh peserta PAPIJAR mengenakan pakaian adat daerah Banyumas, memperkenalkan diri ke hadapan penonton dan Dewan juri di atas karpet merah dengan diiringi gamelan. Para peserta melenggang dengan alus dan luwes. Setelah itu, diumumkan 10 besar PAPIJAR oleh panitia dan dilanjutkan pemberian pertanyaan oleh dewan juri yang terdiri dari para guru SMA Negeri 1 Purbalingga. 10 besar, dan akhirnya 5 besar dan 3 besar.
Untuk juaranya, PAPIJAR SMA Negeri 1 Purbalingga punya kategori tersendiri. Untuk juara pertama menjadi duta lingkungan dan duta wisata, juara kedua menjadi duta 5S pertama dan juara ketiga sebagai duta 5S kedua. Untuk hadiahnya para juara mendapat Piala, Slempang dan Uang Pembinaan. Dalam PAPIJAR selain melihat penampilan dari para peserta juga ada hiburan dari ektrakuriler seperti, Tau-g, Gavo, Sekartaji, dll.
Panitia dari PAPIJAR terdiri dari Pengurus OSIS SMA Negeri 1 Purbalingga dan beberapa anak Non-OSIS dari kelas X dan XI. Dekorasi tempat PAPIJAR dibuat dengan kesan tradisional tetapi tetap elegant. Panitia juga mengundang Kakang Mbakyu Purbalingga dan Pemenang PAPIJAR SMA Negeri 1 Purbalingga tahun sebelumnya.